tape polytron deck dat 53



Pengalaman Ganti potensiometer tape Polytron deck dat 53 jadi rusak :(
suara tidak bisa normal seperti sedia kala, gara-gara lupa posisi (4 resistor) dipasang dimana, dan harus menunggu dari tahun 2006 - 2020 untuk menjadi normal sedia kala.. 





saya berbagi skema dimana "masalah simple" itu. walaupun hanya 4 resistor kecil,


foto atas adalah tampilan tape deck polytron dat 53, beli nya tahun 1990. jadi sekitar tahun 2006 volume suara nya krosok2 saya kasih semprotan eh malah kayak pecah waktu di plintir, lalu saya belikan potensio, tapi tidak terlihat ukuran berap, akhirnya harus di lepas dengan copot solder,. masalah berawal dari sini, karena belum ada ponsel camera, asal lepas saja, dan resistor yang di pasang sebelumnya (asli bawaan pabrik-bukan hasil karya tukang servis)  saya lupa posisi nya.

 ukuran yang tertulis B503
 

dan akhirnya dipasang seperti semula, tanpa pakai resistor bawaan pabrik. keanehan dalam suara sangat timpang, sebelumnya, volume seperempat saja suara sudah luar biasa, tapi setelah ganti potensio meter, volume sampai separuh baru bisa agak menggelegar, suara khas bass polytron hilang. 




ini keadaan selama tahun 2006


dan akhirnya setelah penantian lama, saya mendapat kan barang yang sama, dari teman. tanpa pikir panjang malam pun saya datang ke rumah teman saya, dan langsung saya bongkar, ternyata yang saya cari bertahun-tahun ternyata ada 4 resistor dibelakang potensio yang saya maksud. walapun tape teman saya sudah agak rusak, tapi (tambahan/revisi) 4 resistor asli dari pabrik masih ada.


 


resistor itu lah yang membuat suara bass+treble lebih wah suaranya. ini tampilan skema yang sudah saya gambar.
resistor 1/4 watt 1K=2buah; 10K=2buah

berikut skema nya : 


 dan ini hasil nya ( resistor nya gk ada yang 1/4watt )



akhirnya.. setelah penantian panjang,... tape deck polytron dat 53 saya normal kembali,. cukup 1/4 putaran bass menggelegar, treble jernih. 

tambahan : 



sekian info yang bisa saya bagi. jika ada yang mau menambahkan silahkan koment dibawah ya





1 komentar: